SAYAP MALAIKAT BUATAN SENDIRI

Ditulis oleh: -
SAYAP MALAIKAT BUATAN SENDIRI

Disaat pesta kostum pengen jadi angel? atau pada waktu natal mendapat peran menjadi malaikat? hhmm tentu yang terpikirkan oleh kita adalah SAYAP, nah dari pada beli sayap yang terbuat dari bulu asli (yang udah tentu mahal dan tidak di semua daerah ada menjualnya) alangkah baiknya bila bisa membuat sendiri sayap itu...... bahannya ada di setiap daerah dan murah meriah,,, serta gampang membuatnya,, berikut creative-kreasi coba share cekidot:

  • PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN

  1. Bahan kain yang memiliki perekat pada satu sisi nya (biasanya kain ini yang digunakan untuk pelapis krah baju, pilih yang agak keras dan tebal)
  2. Gunting
  3. Kawat
  4. Pensil
  5. Seterika

  • CARA MEMBUATNYA
A. Gambarah pola sayap (kalo susah bisa meniru pola yang saya lampirkan)


 saya membuat pola pada    kertas HVS ukuran Folio      yang di sambung dua  lembar menjadi satu.

 setiap sayap terdiri dari  bagian:
 a. sayap yang besar
 b. sayap yang menengah
 c. sayap yang kecil

 semua bagian di buat  rangkap 2 pada kain bahan  krah.




B. Jiplaklah pola pada kain bahan pelapis krah menggunakan pensil, jiplak setiap bagian dari sayap. dan buatlah rangkap 2 pada kain bakah pelapis krah tersebut.


C. Gunting bagian-bagian pola sayap


a. sayap yang besar

buat lah dua lapis Lalu Seterika bagian yang menyerupai bulu sayap, (Ingat,, JANGAN KESELURUHANNYA) karena pada bagian ini akan di sisipkan kawat sehingga sayap mudah di bentuk atau di tekuk.





b. sayap yang menengah

buatlah dua lapis terpisah kanan dan kiri. Lalu Seterika bagian yang menyerupai bulu sayap, (Ingat,, JANGAN KESELURUHANNYA), lihat gambar, karena bagian yang ini untuk menyatukan keseluruhan bagian pola sayap.






c. sayap yang kecil

buatlah dua lapis terpisah kanan dan kiri. Lalu Seterika bagian yang menyerupai bulu sayap, (Ingat,, JANGAN KESELURUHANNYA),lihat gambar, karena bagian yang ini untuk menyatukan keseluruhan bagian pola sayap.




D. Selanjutnya lipat bagian bulu sayap sesuai garis, dan di seterika, tekuklah menggunakan jari (hati-hati ini sedikit panas) dan biarkan dingin dan mengeras. lakukan pada seluruh pola sayap.

perlu di ingat bagian luar dan bagian dalam sayap agar tidak terjadi kesalahan,  sehingga saat melipat bulu dapat di bedakan lipatannya


Lipat bagian bulu lalu di seterika, dan tekan lipatan bagian ujung bulu selagi masih panas, dan biarkan dingin dan mengeras.
 Perhatikan arah pilatan bulu sayap bagian luar (seperti pada gambar).
 Perhatikan arah pilatan bulu sayap bagian dalam (seperti pada gambar).














E. Potong Kawat sesuai ukuran keliling sayap besar bagian yang tidak di seterika. satukan ujung kawat dengan memilin kawat.

Perhatikan daerah yang tidak di seterika dan ukurlah kawat sesuai daerah ini.

Masukkan kawat kedalam bagian sayap besar yang tidak di seterika seperti pada gambar.
Seterikalah bagian yang ada kawat ini dengan hati-hati (karena ujung kawat dapat merusak permukaan bawah seterika)

jangan lupa menekan bagian yang belom merekat di sekitar kawat sehingga seluruhnya benar-benar merekat kuat, dan biarkan dingin dan mengeras.





F. Selanjutnya gabungkan seluruh bagian sayap. dan seterika dengan hati-hati dan selapis-selapis pada tiap sisi kiri dan kanan, secara bergantian luar dan dalam secara bergantian juga.





SELESAILAH SUDAH SAYAP BUATAN SENDIRI DARI BAHAN KAIN PELAPIS KRAH BAJU ,,

SELAMAT MENCOBANYA..!!

sumber: Sayap dari Kain, creative-kreasi

5komentar:

  1. itu kerangkanya pakai kawat jenis apa?

    BalasHapus
  2. Lalu cara memasangnya di badan bagaimana ? Mungkin bisa di jelaskan hingga akhir yaitu cara penggunaan dari sayap tersebut. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Kalo aku pakai kardus semoga bagus

    BalasHapus