TIPS MEREBUS TELUR AGAR TIDAK PECAH

Ditulis oleh: -
TIPS MEREBUS TELUR AGAR TIDAK PECAH


Sebenarnya ini kejadiannya saat menjelang paskah,, dimana telur yang di rebus sangat banyak. selalu saja timbul permasalahan yang sama setiap tahunnya, yaitu hampir separuh telur yang di rebus pecah kulit cangkangnya, sehingga bentuk telur menjadi tidak beraturan dan tentu saja cangkang telur menjadi tidak bisa di warnai. akibat kejadian ini akan selalu timbul penambahan biaya belanja telur paskah,,, sungguh tragis,, 

Untuk itulah creative-kreasi.blogspot.com mencoba bertanya kesana kemari, banyak yang memberi info, namun info yang satu ini sangat berhasil, semoga para blogger dapat merebus telur paskah tanpa ada yang retak atau pecah dan semoga tips dan info ini bermanfaat...

selamat mencoba..!!


1. Didihkan air terlebih dulu,setelah mendidih turunkan dari atas kompor, sementara itu cuci bersih telur yang akan di rebus, lalu masukkan telur kedalam air panas dengan menggunakan sendok.
Usahakan Telur terendam air rebusan, tidak ada bagian telur yang timbul di permukaan air rebusan.




2. Tambahkan sedikit CUKA untuk mempercepat proses pematangan putih telur, gunakan cuka untuk makanan, bukan cuka untuk proses koagulasi getah pohon karet hehehhee..
Kenapa menggunakan cuka???:
 - karena kadar elemen yang terkandung dalam cuka bisa menjadikan telur lebih terikat.
 -  takarannya cukup menggunakan feelling dan banyaknya air perebusan, bila bau cuka tercium berarti cukanya kebanyakan..


3. Agar cangkang telur tidak RETAK, tambahkan sedikit GARAM, gunakan selalu garam yang beryodium..

                                       

  4. Selanjutnya kembali letakkan panci perebusan ke atas kompor dan rebus telur selama 15 menit.








Selanjutnya Telur siap untuk di warnai sesuai selera, dengan menggunakan pewarna makanan tentunya ya biar aman..!!

 CiriCara: Cara Menghias Telur Paskah yang Menarik

caranya: 
1. Sambil menunggu telur matang, siapkan pewarna makanan, tuang ke dalam air matang di dalam mangkok. Buatlah dalam berbagai warna, 1 mangkok 1 warna, aduk rata.Kepekatan warna tergantung air pencampurnya.

2. Selanjutnya celupkan telur yang baru diangkat dari panci perebusan ke dalam mangkok yang berisi cairan pewarna makanan tadi dengan menggunakan sendok, gulirkan agar warna merata ke seluruh permukaan telur, angkat dan tiriskan sekitar 30-60 menit.

  3. Untuk telur paskah yang berwarna warni, celupkan sebagian telur kedalam 1 mangkok pewaran tiriskan di atas tisu, lalu celupkan bagian telur yang belum berwrna ke manggkok pewarna yang lain dan tiriskan di atas tisu.

4. Kalau mau lebih atraktif, kuaskan pewarna makanan pada kulit telur dengan menggunakan kapas yang di ikatkan pada lidi tusuk sate, atau menggunakan kuas yang bersih. Lakukan secara abstrak.

5. Taaaddaaaa.... jadilah telur paskah yang indah berwarna warni..


1 komentar: